Anugerah Kehumasan Pandu Citraloka

Kwartir Daerah Jawa Tengah 2021

Festival Film Pramuka

  1. Definis Lomba Film Pendek Kolaboratif
    Film Pendek Kolaboratif adalah sebuah Karya Audio-Visual (Film) yang berdurasi pendek dan bercerita dengan singkat atau bisa disebut Film Pendek, yang proses produksinya dilakukan secara kolaboratif dari rumah masing-masing atau terpisah
  2. Jenis Film Pendek
    Karya merupakan program video/film fiksi pendek (bukan video dokumentasi, dokumenter atau pun vlog)
  3. Tema Film Pendek
    Adapun tema Film Pendek dalam Festival Film Pramuka ini adalah “BERBAKTI TANPA HENTI”
  4. Ketentuan Peserta Lomba Film Pendek
    1. Peserta mendaftar dan mengisi data diri pada alamat https://s.id/panducitraloka/
    2. Selama proses produksi peserta wajib mengikuti aturan sebagai berikut:
      1. Menerapkan protokol kesehatan
      2. Peserta dalam Lomba Film Pendek ini adalah Anggota Pramuka berusia 16 s.d. 25 Tahun (Pramuka Penegak dan Pandega) yang terbentuk dalam 1 (satu) tim roduksi film pendek kolaboratif terdiri dari 4 (empat) orang, campuran putra dan putri dengan komposisi bebas.
      3. Durasi Film: minimal 10 menit dan maksimal 24 menit termasuk opening dan credit title
      4. Masing-masing Tim Peserta akan melakukan pengambilan gambar di daerah masing-masing yang telah ditetapkan sesuai skenario.
      5. Setiap peserta dilarang dibantu oleh pihak manapun.
      6. Peralatan produksi (kamera, lighting, sound-system, property, dan lain sebagainya) harus disiapkan oleh masing-masing tim produksi peserta sesuai dengan kebutuhannya.
      7. Film dibuat dengan memanfaatkan teknologi digital, dengan ketentuan:
        1. Menggunakan kamera digital (DSLR, Handy-Cam, GoPro, dsb.) atau piranti, telepon seluler (gadget) serta jenis lainnya yang menggunakan format HD (High Definition).
        2. Hasil Akhir berbentuk data, dengan alternatif format:
          • Quicktime Movie (mov), sound rate: 48.000 khz, size: 16bit. 25 Fps, dengan Aspec Ratio: 16:9
          • Mpeg4 (Mp4), Image size: 1920x1080 HD,1280x720 HD, 25 Fps, Audio: Rate 48000 khz size 16 bit, dengan Aspec Ratio: 16:9.
          • Tidak menggunakan footage, dan stock-shot gambar yang dibuat oleh orang di luar anggota tim.
    3. Peserta wajib memperhatikan isi Konten karya film pendek yang dibuat dengan memperhatikan ketentuan sebagai berikut:
      1. Berisi saran, himbauan, seruan, dan solusi sesuai dengan tema film pendek.
      2. Isi film harus menarik, komunikatif dan inspiratif.
      3. Merupakan ekspresi yang bersifat bebas tetapi tetap menjaga nilainilai kesopanan, tidak menyinggung SARA, dan tidak mengandung unsur pornografi.
      4. Karya merupakan karya asli dan belum pernah di publikasikan melalui platform apapun dan diikutsertakan dalam perlombaan manapun dengan melampirkan surat pernyataan orisinalitas karya (format terlampir).
      5. Karya harus memasukkan unsur nilai-nilai budaya Jawa Tengah dalam pembelajaran yaitu gotong royong, toleransi dan kearifan lokal.
      6. Karya harus menyelipkan kampanye tentang protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari.
      7. Menekankan ide atau gagasan dengan tetap mempertimbangkan unsur keindahan dari sudut teknis, baik kamera, artistik, pengadeganan, musik, dan editing.
      8. Kerangka Isi Karya Film (Kerangka Program)
        1. Starting
          Logo Kwarda Jateng, Logo AnugerahKehumasan Pandu Citraloka
        2. Opening
          Main Title
        3. Content
          (Isi Film)
        4. Ending
          Fade Out
        5. Closing
          • Credit Title (Nama Pemain dan Tim Produksi).
          • Ucapan terima kasih.
          • Menyematkan caption: Copyright Film Pendek Anugerah Kehumasan Pandu Citraloka Kwarda Jateng Tahun 2021.
          • Blank
    4. Peserta wajib memperhatikan ketentuan administratif sebagai berikut:
      1. IDE POKOK dirumuskan dalam satu kalimat yang berisi gagasan dasar. Gagasan dasar ini merupakan pesan yang ingin disampaikan kepada penonton.
      2. SINOPSIS sebanyak 1 (satu) paragraf.
      3. SKENARIO dibuat sesuai tema yang sudah ditentukan.
      4. Foto behind the scene dan catatan proses kreatif.
    5. Setelah melaksanakan produksi, pada tahap pasca produksi peserta memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
      1. Setiap tim peserta harus melakukan proses pasca produksi (editing, pengisian musik, sound-effect, grafis, dsb.) di daerah masing-masing.
      2. Setiap tim peserta dilarang membantu dan dibantu oleh pihak manapun dalam pasca-produksi.
      3. Peralatan pasca-produksi harus disiapkan oleh masing-masing tim produksi peserta sesuai dengan kebutuhannya.
    6. Setelah melaksanakan rangkaian produksi, peserta menyelesaikan tahap akhir yakni pengumpulan karya dengan ketentuan sebagai berikut:
      1. IDE POKOK, SINOPSIS, SKENARIO, Foto behind the scene dan catatan proses kreatif serta PRODUK FILM PENDEK dikirimkan melalui email : filmpendekpramuka@gmail.com paling lambat pada tanggal 1 Juli Pukul 23.59 WIB
      2. Karya akan diunggah di akun youtube PRAMUKA JATENG sejak tanggal terkirim hingga 7 Juli 2021.
  5. Penilaian Film Pendek
    Penilaian Karya Film Pendek untuk menetapkan 6 Karya Terbaik didasarkan pada :
    1. Administrasi dan kelengkapan dokumen meliputi: IDE POKOK, SINOPSIS, SKENARIO dan Foto behind the scene dan catatan proses kreatif
    2. Orisinalitas dan Integritas, Film Pendek yang dibuat benar-benar merupakan karya asli penyusunnya, bukan merupakan plagiat, jiplakan, atau disusun dengan niat dan prosedur yang tidak jujur.
    3. Kesesuaian isi dengan Tema, kekuatan dan kesesuaian tema dengan pesan yang disampaikan lewat hasil film.
    4. Kreativitas, Keindahan/estetika melalui penyajian film berupa: penyutradaraan, sinematografi, penyuntingan, dan sebagainya.
    5. Acting, Penghayatan pemain dalam membawakan peran yang dimainkan.
    6. Karya akan diseleksi oleh tim juri dan dipilih 6 karya terbaik untuk masuk di Babak Final, dengan ketentuan sebagai berikut:
      1. Bagi peserta yang karyanya terpilih untuk memasuki Babak Final, akan dihubungi oleh panitia dan ada pemberitahuan via medsos Kwarda Jateng.
      2. Pada babak final, penjurian akan dilakukan via Daring dengan menggunakan media Aplikasi Zoom
      3. Masing-masing peserta akan diwawancarai oleh juri terkait karya masing-masing.
    7. Perhitungan Like dan jumlah jam waktu tonton (penilaian untuk juara favorit) di Channel PRAMUKA JATENG, dihitung sampai tanggal 10 Juli 2021 Pukul 12.00 WIB.
    8. Apabila diketahui telah terjadi pelanggaran atas mekanisme pelaksanaan lomba, baik dalam tahap pra-produksi, tahap produksi, maupun pasca-produksi, maka akan dianulir dan/atau dibatalkan penghargaannya.
    9. Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat.
  6. Kriteria Penilaian Film Pendek
    1. Orisinalitas dan Integritas (25%)
    2. Kesesuaian Isi dengan Tema (25%)
    3. Kreativitas, Keindahan/Estetika (25%)
    4. Acting (25%)

  1. Definisi Iklan Layanan Masyarakat
    Susamto 1976:203, iklan layanan masyarakat adalah suatu media informasi terkait setiap layanan masyarakat, penyebaran informasi yang tidak melalu pembelian ruang dan waktu, yang disiarkan mengenai pelayanan masyarakat dan dilaksanakan berdasarkan kegiatan non-profit (tidak mengejar keuntungan).
  2. Tema Iklan Layanan Masyarakat
    Adapun tema untuk Iklan Layanan Masyarakat dalam Festival Film Pramuka adalah “BERBAKTI TANPA HENTI”;
  3. Ketentuan Iklan Layanan Masyarakat
    1. Peserta menyusun, merencanakan dan membuat Iklan Layanan Masyarakat berbasis audio-video.
    2. Selama proses produksi peserta wajib mengikuti aturan sebagai berikut:
      1. Menerapkan protokol kesehatan
      2. Peserta dalam Lomba Iklan Layanan Masyarakat ini adalah Anggota Pramuka berusia 11 s.d. 15 Tahun (Pramuka Penggalang) yang terbentuk dalam 1 (satu) tim produksi Iklan Layanan Masyarakat terdiri dari 4 (empat) orang, campuran putra dan putri dengan komposisi bebas.
      3. Durasi Ilkan Layanan Masyarakat: 2 menit.
      4. Masing-masing Tim Peserta akan melakukan pengambilan gambar di daerah masing-masing yang telah ditetapkan sesuai skenario.
      5. Semua peserta menjadi talent iklan yang diproduksi.
      6. Setiap peserta dilarang dibantu oleh pihak manapun.
      7. Peralatan produksi (kamera, lighting, sound-system, property, dsb.) harus disiapkan oleh masing-masing tim sesuai dengan kebutuhannya.
      8. Iklan dibuat dengan memanfaatkan teknologi digital, dengan ketentuan:
        1. Menggunakan kamera digital (DSLR, Handy-Cam, Action-Cam, dsb.) atau piranti, telepon seluler (gadget) serta jenis lainnya yang menggunakan format HD (High Definition).
        2. Hasil Akhir berbentuk data, dengan alternatif format:
          • Quicktime Movie (mov), sound rate: 48.000 khz, size: 16bit. 25 Fps, dengan Aspec Ratio: 16:9.
          • Mpeg4 (Mp4), Image size: 1920x1080 HD,1280x720 HD, 25 Fps, Audio: Rate 48000 khz size 16 bit, dengan Aspec Ratio: 16:9.
          • Tidak menggunakan footage, dan stock-shot gambar yang dibuat oleh orang di luar anggota tim.
    3. Peserta wajib memperhatikan isi konten karya Iklan Layanan Masyarakat yang dibuat dengan memperhatikan ketentuan sebagai berikut:
      1. Berisi saran, himbauan, seruan, dan solusi sesuai dengan tema Iklan Layanan Masyarakat.
      2. Isi iklan harus menarik, komunikatif dan inspiratif.
      3. Merupakan ekspresi yang bersifat bebas tetapi tetap menjaga nilainilai kesopanan, tidak menyinggung SARA, dan tidak mengandung unsur pornografi.
      4. Karya merupakan karya asli dan belum pernah di publikasikan melalui platform apapun dan diikutsertakan dalam perlombaan manapun dengan melampirkan surat pernyataan orisinalitas karya (format terlampir).
      5. Karya harus memasukkan unsur nilai-nilai budaya Jawa Tengah dalam pembelajaran yaitu gotong royong, toleransi, dan kearifan lokal.
      6. Karya harus menyelipkan kampanye tentang protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari.
      7. Kerangka Isi Iklan (Kerangka Program)
        1. Starting : Logo Kwarda Jateng, Logo Anugerah Kehumasan Pandu Citraloka
        2. Opening : Main Title
        3. Content : (Isi Film)
        4. Ending : Fade Out
        5. Closing : Blank
    4. Peserta wajib memperhatikan ketentuan administratif sebagai berikut:
      1. IDE POKOK dirumuskan dalam satu kalimat yang berisi gagasandasar. Gagasan dasar ini merupakan pesan yang ingin disampaikankepada penonton.
      2. SINOPSIS sebanyak 1 (satu) paragraf.
      3. SKENARIO dibuat sesuai tema yang sudah ditentukan.
      4. Foto behind the scene dan catatan proses kreatif.
    5. Setelah melaksanakan produksi, pada tahap pasca produksi peserta memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
      1. Setiap tim peserta harus melakukan proses pasca produksi (editing, pengisian musik, sound-effect, grafis, dsb.) di daerah masing-masing.
      2. Setiap tim peserta dilarang dibantu oleh pihak manapun dalam pasca-produksi.
      3. Peralatan pasca-produksi harus disiapkan oleh masing-masing tim produksi peserta sesuai dengan kebutuhannya.
    6. Setelah melaksanakan rangkaian produksi, peserta menyelesaikan tahap akhir yakni pengumpulan karya dengan ketentuan sebagai berikut:
      1. IDE POKOK, SINOPSIS, SKENARIO, Foto behind the scene dan catatan proses kreatif serta Produk Iklan Layanan Masyarakat dikirimkan melalui email : ilmpramuka@gmail.com paling lambat pada tanggal 1 Juli 2021 Pukul 23.59 WIB.
      2. Karya akan diunggah di akun youtube PRAMUKA JATENG sejak tanggal terkirim hingga 7 Juli 2021.
  4. Penilaian Iklan Layanan Masyarakat
    Penilaian Karya Iklan Layanan Masyarakat untuk menetapkan 6 Karya Terbaik didasarkan pada:
    1. Administrasi dan kelengkapan dokumen meliputi: Ide Pokok, Sinopsis, Skenario, Foto behind the scene dan catatan proses kreatif
    2. Penilaian dilakukan dengan melihat kekuatan dan kesesuaian tema dengan pesan yang disampaikan lewat hasil iklan.
    3. Penilaian keindahan (estetika) melalui penyajian iklan berupa: penyutradaraan, sinematografi, penyuntingan, dan sebagainya.
    4. Iklan yang diciptakan mampu menginspirasi dan mensosialisasikan tentang tema yang diangkat dalam film tersebut.
    5. Karya akan diseleksi oleh juri dan dipilih 6 karya terbaik untuk masuk di Babak Final, dengan ketentuan sebagai berikut :
      1. Bagi peserta yang karyanya terpilih untuk memasuki Babak Final, akan dihubungi oleh panitia dan ada pemberitahuan via media sosial Kwarda.
      2. Pada babak final, penjurian akan dilakukan via Daring dengan menggunakan media Aplikasi Zoom.
      3. Masing-masing peserta akan diwawancarai oleh juri terkait karya masing-masing.
    6. Perhitungan Like dan jumlah jam waktu tonton (penilaian untuk juara favorit) di Channel PRAMUKA JATENG, dihitung sampai dengan tanggal 10 Juli 2021 Pukul 12.00 WIB.
    7. Apabila diketahui telah terjadi pelanggaran atas mekanisme pelaksanaan lomba, baik dalam tahap pra-produksi, tahap produksi, maupun pasca-produksi, maka akan dianulir dan/atau dibatalkan penghargaannya.
    8. Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat.
  5. Kriteria Penilaian Iklan Layanan Masyarakat
    1. Kesesuaian Tema (25%)
    2. Komunikatif, informatif dan edukatif (25%)
    3. Kreativitas (teknik dan editing gambar) (25%)
    4. Ide cerita dan pesan yang disampaikan (10%)
    5. Orisinalitas dan integritas (15%)

  1. Definisi Video Pembelajaran Kepramukaan
    Video Pembelajaran Kepramukaan adalah video edukasi sebagai media pembelajaran peserta didik dalam latihan pramuka.
  2. Kriteria Umum Video Pembelajaran Kepramukaan
    1. Karya Video Pembelajaran yang diikutkan dalam lomba adalah karya produksi hasil kolaborasi antara 1 (satu) orang anggota dewasa dan 3 (tiga) orang peserta didik.
    2. Karya lomba harus asli/orisinalitas karya sendiri yang dinyatakan dengan surat pernyataan bermaterai (seperti lampiran form dalam petunjuk pelaksanaan ini).
    3. Karya Video Pembelajaran durasi minimal 5 menit dan maksimal 10 menit.
    4. Karya belum pernah diikutkan dalam lomba serupa dan belum /tidak terikat kontrak perjanjian dengan pihak lain.
    5. Tidak melanggar ketentuan hak cipta yang berlaku (HAKI) dan WAJIB menyertakan asal sumber apabila menggunakan Konten dari pihak lain.
    6. Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.
  3. Kriteria Teknis Video Pembelajaran Kepramukaan
    Kriteria Teknis Video Pembelajaran yang disertakan dalam Lomba Video Pembelajaran, mencakup Kriteria Isi, Kriteria Format, dan Kriteria Administratif.
    1. Kriteria Isi/Karakteristik Video Pembelajaran Kepramukaan
      1. Clarity of Massage (kejelasan pesan) Pesan pembelajaran dapat diterima secara utuh sehingga dengan sendirinya informasi akan tersimpan dalam memory jangka panjang dan bersifat retensi.
      2. Stand Alone (berdiri sendiri) Video yang dikembangkan tidak bergantung pada bahan ajar lain atau tidak harus digunakan bersamasama dengan bahan ajar lain.
      3. User Friendly (bersahabat/akrab dengan pemakainya) Media video menggunakan bahasa yang sedehana, mudah dimengerti, dan menggunakan bahasa yang umum.
      4. Isi Materi harus benar-benar representatif.
      5. Kerangka Isi Media Video Pembelajaran Kepramukaan (Kerangka Program)
        1. Starting : Logo Kwarda Jawa Tengah
        2. Opening : Main Title
        3. Content : (Isi Video)
        4. Ending : Fade Out
        5. Closing :
          • Credit Title (nama pemain dan tim produksi)
          • Ucapan terima kasih
          • Menampilkan caption: Copyright Video Pembelajaran Kepramukaan Kwarda Jawa Tengah
          • Blank.
    2. Kriteria Format Video Pembelajaran Kepramukaan
      Kriteria format video dibuat dengan memanfaatkan teknologi digital, dengan ketentuan:
      1. Menggunakan kamera digital (DSLR, Handy-Cam, Action-Cam, dsb.) atau piranti, telepon seluler (gadget) serta jenis lainnya yang menggunakan format HD (High Definition)
      2. Hasil Akhir berbentuk data, dengan alternatif format:
        1. Quicktime Movie (mov), sound rate: 48.000 khz, size: 16 bit. 25 Fps, dengan Aspec Ratio: 16:9
        2. Mpeg4 (Mp4), Image size: 1920x1080 HD,1280x720 HD, 25 Fps, Audio: Rate 48000 khz size 16 bit, dengan Aspec Ratio: 16:9.
    3. Kriteria Administratif
      1. SINOPSIS sebanyak 1 (satu) paragraph.
      2. Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran Kepramukaan yang akan dilaksanakan.
      3. Foto behind the scene dan catatan proses kreatif.
      4. Surat Pernyataan Orisinalitas bermaterai.
  4. Prosedur Penilaian Lomba Video Pembelajaran Kepramukaan
    1. Seleksi Nominasi merupakan tahap seleksi untuk menentukan 6 (enam) karya terbaik yang layak masuk babak selanjutnya. Proses seleksi nominasi ini difokuskan pada:
      1. Administrasi dan kelengkapan dokumen meliputi: SINOPSIS, Foto behind the scene, catatan proses kreatif, surat pernyataan Orisinalitas bermaterai dan kesesuaian Produk Video yang dikirimkan sesuai dengan Kriteria Teknis Lomba.
      2. 3 aspek penilaian yaitu: Materi (Content), Desain Pembelajaran (Instructional Design) dan Media Komunikasi Pembelajaran.
      Kelengkapan administrasi dan Video Pembelajaran Kepramukaan dikirimkan ke : filmpramuka@gmail.com paling lambat pada tanggal 1 Juli 2021 Pukul 23.59 WIB
    2. Seleksi 6 (enam) Karya Terbaik (Penilaian Esensi Video Pembelajaran oleh Tim Juri). Penilaian 6 Karya Terbaik Video Pembelajaran Kepramukaan untuk menetapkan 3 juara didasarkan pada 4 Aspek (Orisinalitas, Materi , Desain pembelajaran, dan Media Komunikasi Pembelajaran).
      1. Orisinalitas, Video pembelajaran yang dibuat benar-benar merupakan karya asli penyusunnya, bukan merupakan plagiat, jiplakan, atau disusun dengan niat dan prosedur yang tidak jujur
      2. Materi, Kebenaran isi materi bebas dari kesalahan konsep, kekinian dan keterbaruan materi, kecakupan dan kedalaman materi, Kememadaian acuan (referensi) yang digunakan.
      3. Desain Pembelajaran, Kesesuaian strategi penyampaian media dengan karakteristik audiens (siswa) terkait. Tingkat kemungkinan mendorong kemampuan siswa berpikir kritis dan memecahkan masalah. Tingkat kontekstualitas dengan penerapan/aplikasi dalam kehidupan nyata yang sesuai dengan karakteristik audiens terkait
      4. Media Komunikasi Pembelajaran, Kejelasan video, narasi serta kesesuaian gaya bahasa dan komunikasi dengan karakteristik audiens. Ketepatan penggunaan narasi, caption, dan sound effect dengan tujuan dan isi materi. Kemenarikan pengemasan media video. Ketepatan dan kemenarikan media video secara keseluruhan.
    3. Juara terfavorit akan di hitung berdasarkan Like dan jumlah jam waktu tonton (penilaian untuk juara favorit) di Channel PRAMUKA JATENG, dihitung sampai tanggal 10 Juli 2021 Pukul 12.00 WIB.
  5. Kriteria Penilaian Video Pembelajaran Kepramukaan
    1. Orisinalitas (25%)
    2. Materi (25%)
    3. Desain Pembelajaran (25%)
    4. Media Komunikasi Pembelajaran (25%)

  1. Peserta melakukan registrasi dengan mengisi formulir pendaftaran secara online melalui link https://s.id/panducitraloka/ pada tanggal 14 s.d 31 Mei 2021 pukul 23.59 WIB;
  2. Pada laman registrasi online tersebut, pilih sesuai dengan kategori lomba yang akan diikuti;
  3. Setelah melakukan registrasi online, peserta akan mendapatkan tautan tautan Group WhatsApp lomba Festival Film Pramuka untuk tiap kategori;
  4. Jika terdapat kendala dalam melakukan registrasi online, dapat menghubungi Panitia. Contact Person: Kakak Achmad Nur Sho’im: 085 641 856 381.